Masal
Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh murid dan
menghambat kelancaran proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan.
Masalah-masalah belajar terdiri dari dua
faktor , yaitu:
1. Faktor internal
Masalah belajar internal adalah masalah yang timbul dari dalam diri
siswa atau faktor-faktor internal yang ditimbulkan kekurang beresan siswa dalam
belajar. Faktor internal berasal dari dalam diri anak itu sendiri, seperti:
a. Kesehatan
b. Rasa aman
c. Faktor kemampuan intelektual
d. Faktor afektif seperti perasaan dan percaya diri
e. Motivasi
f. Kematangan untuk belajar
g. Usia
h. Jenis kelamin
i. Latar belakang sosial
j. Kebiasaan belajar
k. Kemampuan mengingat
Contoh dari masalah belajar internal dapal
dilihat dari kasus berikut:
Shinta gadis cilik berusia 9 tahun. Akhir-akhir ini prestasinya sangat menurun.
Hasil ulangannya selalu buruk kalau soal-soal ulangan ditulis di papan tulis.
Namun, ketika ujian sumatif, hasil ulangan Shinta tidak begitu buruk. Soal-soal ulangan dicetak dan dibagikan kepada setiap
murid. Namun demikian, peringkat Shinta di kelas turun secara drastis, dari peringkat 5 menjadi peringkat 20. Dari
kasus di atas dapat dilihat, masalah yang ditekankan adalah kemampuan indera
untuk menangkap rangsangan. Shinta tampaknya
mempunyai kesulitan dalam penglihatan. Ini
terbukti dari berbedanya hasil yang dicapai antara ulangan harian yang soalnya
ditulis di papan tulis dengan ulangan sumatif yang soalnya dicetak dan
dibagikan kepada setiap murid.
Dengan
pemahaman di atas maka dapat dikemukakan bahwa masalah-masalah belajar internal
dapat bersifast: (1) Biologis dan (2) psikologis. Masalah yang bersifat
biologis artinya menyangkut masalah yang bersifat kejasmanian, seperti
kesehatan, cacat badan, kurang makan dsb. Sementara hal yang bersifat
psikologis adalah masalah yang bersifat psikis seperti perhatian, minat, bakat,
IQ, konstelasi psikis yang berwujud emosi dan gangguan psikis.
2.
faktor
eksternal
Masalah belajar eksternal adalah masalah-masalah yang timbul dari
luar diri siswa sendiri atau faktor-faktor eksternal yang menyebabkan ketidak
beresan siswa dalam belajar. Faktor eksternal adalah faktor yang datang dari
luar diri siswa, seperti:
a. Kebersihan
rumah
b. Udara
yang panas
c. Ruang
belajar yang tidak memenuhi syarat
d. Alat-alat
pelajaran yang tidak memadai
e. Lingkungan
sosial maupun lingkungan alamiah
f. Kualitas
proses belajar mengajar.
Contoh dari masalah belajar eksternal dapat dilihat dari kasus berikut:
Desi seorang gadis cilik duduk di kelas III SD. la termasuk salah seorang dari
sejumlah anak di kelasnya yang belum dapat membaca dengan lancar. Setiap
pelajaran membaca, ia menjadi ketakutan karena setiap membuka mulut, ia
ditertawakan oleh teman-temannya. Gurunya hanya membiarkannya saja dan
mengalihkan giliran kepada murid lain Akibatnya, Talia selalu ketinggalan dari
teman-temannya. Di rumah, Desi selalu dimarahi karena dalam membaca ia dikalahkan Doli adiknya yang duduk
di kelas II. Pada kasus ini tampaknya lebih banyak menekankan pada pengaruh
lingkungan, ketinggalan Desi dalam membaca
tampaknya lebih banyak disebabkan oleh "rasa takut" dan tertekan yang
ditimbulkan oleh sikap lingkungan yang tidak mendorong Desi untuk belajar.
0 komentar:
Posting Komentar